Cranium’s Thoughts of Mind

Apa saja manfaat online approval system?

Apakah bisnis Anda pernah terganggu karena proses approval dari berbagai stakeholder tak kunjung beres? Tentunya hal ini akan sangat mengganggu dan dapat menyebabkan opportunity lost. Pengambilan keputusan dalam bisnis seringkali melibatkan banyak pemangku kepentingan atau stakeholders yang harus memberikan persetujuan. Proses persetujuan ini dapat memakan waktu dan sumber daya jika tidak diatur dengan baik. Inilah mengapa penggunaan software approval oleh stakeholders semakin populer.

Sebelum kita masuk ke dalam pembahasan untuk pengembangan software ini, ada baiknya kita memahami dahulu apa itu online approval system?
Online approval system adalah platform yang dirancang untuk mempermudah proses persetujuan secara elektronis. Dengan adanya proses persetujuan online, pengesahan atau persetujuan dapat dilakukan dengan lebih cepat, efisien, dan lancar. Penggunaan aplikasi ini diharapkan dapat mempercepat komunikasi dan mengoptimalkan proses birokrasi secara daring dan waktu nyata. Keuntungan utamanya adalah penyederhanaan kerja tim dan penghematan waktu yang signifikan

Manfaat Online Approval System yang dapat anda rasakan jika menggunakan sistem tersebut adalah:

Efisiensi Proses: System ini akan membantu otomatisasi proses persetujuan, mengurangi keterlambatan dan kesalahan manusia, dan mempercepat pengambilan keputusan.

Pengurangan Biaya: Dengan mengurangi proses manual, perusahaan dapat menghemat biaya administrasi yang tinggi yang terkait dengan proses persetujuan.

Pelacakan dan Audit Mudah: Software ini memungkinkan perusahaan untuk melacak setiap langkah dalam proses persetujuan, sehingga mempermudah audit dan pelaporan.

Peningkatan Akurasi: Software approval mengurangi risiko kesalahan manusia dalam pengambilan keputusan bisnis, sehingga memastikan akurasi yang lebih tinggi.

Begitu banyak manfaat positif yang dapat Anda rasakan, namun jangan terburu-buru langsung membuat. Pertimbangkan dahulu beberapa hal ini dengan software developer kepercayaan Anda sebelum Anda mulai mengembangkan Software Approval tersebut. Beberapa tersebut dapat berupa:

Identifikasi Kebutuhan Bisnis: Tahap awal adalah mengidentifikasi kebutuhan persetujuan bisnis Anda. Siapa stakeholders yang terlibat? Apa yang perlu disetujui? Bagaimana alur persetujuan saat ini?

Pemilihan atau Pengembangan Solusi: Anda dapat memilih software approval yang sudah ada di pasaran atau mengembangkan solusi khusus sesuai dengan kebutuhan perusahaan Anda. Semuanya tergantung kebutuhan dan ekosistem teknologi yang Anda miliki. Ajak diskusi software developer Anda untuk mencari solusi terbaik yang win-win untuk semua pihak.

Integrasi dengan Sistem yang Ada: Software approval harus diintegrasikan dengan sistem yang sudah ada di perusahaan Anda, seperti sistem manajemen dokumen atau sistem perencanaan sumber daya perusahaan (ERP). Ini memungkinkan proses persetujuan yang lebih mulus dan efisien.

Pelatihan dan Implementasi: Setelah mengembangkan software approval, lakukan pelatihan kepada pengguna agar mereka dapat menggunakannya dengan efektif. Kemudian, implementasikan solusi ini ke dalam organisasi. Anda bisa mengggunakan metode reward & punishment diawal implementasi, sehingga semua pihak dapat terlibat secara bersama-sama untuk mendorong transformasi digital.

Pemeliharaan dan Peningkatan: Software approval perlu diperbarui dan ditingkatkan sesuai dengan perubahan kebutuhan bisnis. Proses pemeliharaan ini penting untuk memastikan kelancaran operasi. Jika Anda tidak memiliki tim untuk mengelolanya, gunakan layanan maintenance yang dimiliki oleh software developer Anda. Dengan cara ini, Anda tidak perlu mengembangkan tim di internal dan seluruh pengelolaan sudah berada di tangan ahlinya. Mulai dari sever, hosting, update software, update hardware hingga perbaikan terhadap bugs-bugs yang pasti akan timbul di berjalannya waktu.

Secara garis besar software approval oleh stakeholders adalah alat yang sangat berguna dalam mengoptimalkan proses persetujuan bisnis. Dengan mengurangi proses manual, meningkatkan efisiensi, dan memudahkan pelacakan dan audit, software approval membantu perusahaan untuk mengambil keputusan yang lebih cepat dan akurat. Cranium adalah mitra yang tepat untuk membantu Anda dalam pengembangan dan integrasi solusi software approval ini ke dalam sistem yang sudah ada di perusahaan Anda. Dengan demikian, perusahaan Anda dapat meningkatkan efisiensi operasi dan mengurangi biaya terkait dengan proses persetujuan. Hubungi Cranium dan konsultasikan secara gratis berbagai masalah Anda di dunia digital.


Posted

in

by

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *