Back

Cranium’s Thoughts of Mind

Mengapa Retailer Perlu Menggunakan ERP dalam Operasionalnya?

Retailer adalah sebuah perusahaan atau organisasi yang menjual produk atau layanan secara langsung kepada para konsumen akhir. Untuk menjalankan bisnisnya dengan baik dan efektif, retailer perlu menggunakan sistem Enterprise Resource Planning (ERP) yang dapat memberikan banyak kemudahan dalam mengoptimalkan manajemen persediaan barang serta meningkatkan koordinasi antar departemen.

Perangkat Lunak ERP (Enterprise Resource Planning) menyediakan berbagai fitur yang dapat membantu pengelolaan bisnis secara efisien dan terorganisir. Berikut adalah beberapa fitur utama yang disertakan dalam sistem ERP:

Point of Sales (POS)
Fitur pertama dalam sistem ERP adalah Point of Sales (POS). Sistem ini dirancang untuk memudahkan proses penjualan dan transaksi secara efisien. Selain itu, fitur ini juga dapat melakukan beberapa aktivitas secara otomatis seperti pengelolaan keuangan dan perhitungan diskon.

Inventory Management
Fitur kedua adalah Inventory Management. Fitur ini dapat membantu pengguna untuk memasukkan data inventaris dengan mudah dan cepat. Dengan fitur ini, proses pengelolaan barang dapat dilakukan dengan lebih efisien dan lebih cepat. Kesalahan dalam pengimputan data inventaris dapat berakibat buruk bagi perusahaan, maka fitur inventory management ini sangat penting.

Supply Chain Management (SCM)
Fitur ketiga dalam perangkat lunak ERP adalah Supply Chain Management (SCM). Banyak retailer yang menggunakan fitur ini untuk mempermudah pengelolaan barang, pengelolaan stok, dan pengembalian pesanan. Fitur SCM ini mudah diintegrasikan dengan berbagai platform lainnya untuk memperlancar kegiatan bisnis.

Akuntansi
Fitur keempat adalah fitur akuntansi yang dapat membantu pengelolaan keuangan secara otomatis. Fitur ini dapat menghitung pendapatan, mencatat aktivitas atau transaksi, serta membuat laporan keuangan akhir.

Customer Relationship Management (CRM)
Fitur kelima adalah Customer Relationship Management (CRM). Fitur ini dapat membantu retailer dalam melaksanakan kegiatan bisnis dengan lebih lancar dan efektif. Dengan fitur ini, retailer dapat melakukan penjualan dengan lebih mudah dan meningkatkan produktivitas tim penjualan.

Dalam keseluruhan, fitur-fitur yang ada dalam sistem ERP sangatlah berguna bagi pengelolaan bisnis. Dengan menggunakan sistem ERP, pengguna dapat melakukan pengelolaan inventaris, pengelolaan keuangan, pengelolaan stok, dan penjualan dengan lebih efisien dan efektif.


Cranium Indonesia dapat membantu retailer untuk menerapkan sistem ERP yang dibutuhkan agar bisa mendapatkan peningkatan efisiensi, pengurangan biaya operasional, peningkatan akurasi data, dan peningkatan pengambilan keputusan yang lebih baik. Cranium Indonesia memiliki para profesional yang secara langsung mendevelop sistem dari awal sampai menjadi sistem yang siap untuk digunakan.

Dengan adanya sistem ERP, retailer bisa mengelola setiap aktivitas bisnis dengan baik dan mempermudah proses manajemen. Dalam menjalankan bisnisnya, para retailer tidak perlu lagi mengalami kesulitan dalam melakukan pengelolaan aktivitas bisnis karena Cranium Indonesia dapat membantu untuk mempercepat proses manajemen sehingga bisnis retailer bisa berkembang dengan baik dan meningkatkan kepuasan konsumen akhir.

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *