Cranium’s Thoughts of Mind

Pentingnya Sistem SDM yang independen

Begitu banyak pengelolaan yang harus dilakukan terhadap seluruh aset yang dimiliki perusahaan, salah satunya dan cukup banyak memakan perhatian adalah sumber daya manusia atau human resource.

Pengembangan sistem sumber daya manusia (SDM) merupakan langkah krusial bagi perusahaan modern untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas manajemen sumber daya manusia. Saat dunia bisnis terus berkembang, perusahaan dituntut untuk mengadopsi solusi teknologi yang dapat mengoptimalkan proses SDM mereka.

Pentingnya Pengembangan Sistem SDM:

  1. Meningkatkan Efisiensi Operasional: Sistem SDM dapat mengotomatisasi tugas-tugas rutin seperti manajemen data karyawan, pelacakan kinerja, dan pengelolaan cuti. Hal ini memungkinkan tim SDM untuk fokus pada keputusan strategis dan pengembangan karyawan.
  2. Pemenuhan Kebutuhan Bisnis yang Berkembang: Perusahaan yang berkembang membutuhkan solusi SDM yang dapat beradaptasi dengan kebutuhan mereka. Sistem SDM yang baik dapat disesuaikan dengan perubahan aturan perusahaan, kebijakan internal, dan regulasi ketenagakerjaan.
  3. Penyederhanaan Proses Rekrutmen: Sistem SDM dapat mengoptimalkan proses rekrutmen dengan menyaring pelamar, menyimpan informasi pelamar, dan menyediakan laporan analisis rekrutmen. Hal ini dapat mempercepat proses seleksi dan memastikan penyeleksian kandidat yang tepat.
  4. Peningkatan Kepuasan Karyawan: Melalui sistem SDM, perusahaan dapat menyediakan akses mandiri kepada karyawan untuk mengelola data pribadi, melacak kinerja, dan mengajukan cuti. Ini dapat meningkatkan keterlibatan karyawan dan kepuasan kerja.

Pastinya sudah mulai banyak perusahaan yang menggunakan sistem HR yang tersedia di pasaran, namun saat skala perusahaan sudah meningkat dan dibutuhkan berbagai macam pengembangan serta integrasi dengan sistem-sistem lain. Perusahaan akan mengalami kesulitan, baik dari mahalnya biaya pengembangan atau integrasi, hingga pada ketidakmampuan sistem untuk di kembangkan sejalan dengan arah perusahaan.

Perencanaan yang tepat merupakan kunci dasar, jangan sampai di tengah perkembangan bisnis anda, pengelolaan sumber daya manusia menjadi blocker utama. Ajak diskusi app developer atau software house rekanan anda untuk berdiskusi lebih lanjut tentang pengembangannya.

Mengapa Perlu Membangun Sistem Sendiri?

  1. Kustomisasi Sesuai Kebutuhan: Dengan membangun sistem SDM sendiri, perusahaan dapat menyesuaikannya dengan kebutuhan dan kebijakan internal mereka. Ini memungkinkan penyesuaian yang lebih baik dibandingkan dengan solusi yang dibeli dari pihak ketiga.
  2. Keamanan Data yang Lebih Terjamin: Dalam mengelola informasi karyawan yang sensitif, keamanan data menjadi prioritas utama. Dengan membangun sistem SDM sendiri, perusahaan dapat mengimplementasikan kontrol keamanan yang sesuai dengan standar mereka sendiri.
  3. Kemampuan Integrasi yang Lebih Baik: Sistem SDM internal dapat diintegrasikan dengan sistem lain yang digunakan oleh perusahaan, seperti sistem keuangan atau sistem manajemen proyek. Hal ini meningkatkan kerjasama antar departemen dan mengoptimalkan alur kerja.
  4. Kemampuan Perbaikan dan Pembaruan yang Cepat: Perusahaan memiliki kendali penuh atas pembaruan dan perbaikan sistem. Ini memungkinkan penyesuaian cepat terhadap perubahan regulasi atau kebutuhan bisnis yang mendesak.

Dalam menghadapi tantangan global dan persaingan yang ketat, pengembangan sistem SDM menjadi langkah strategis bagi perusahaan. Meskipun membeli solusi dari pihak ketiga mungkin menjadi pilihan umum, membangun sistem sendiri dapat memberikan kontrol maksimal, kustomisasi yang lebih baik, dan keamanan data yang lebih terjamin. Oleh karena itu, investasi dalam pengembangan sistem SDM internal dapat menjadi keputusan yang bijaksana bagi perusahaan yang mengutamakan inovasi dan keunggulan kompetitif.


Posted

in

by

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *