Cranium’s Thoughts of Mind

Perlukah kita pindah Sistem ERP?

Dunia bisnis, baik di level UMKM, nasional hingga internasional seringkali dihadapkan pada pertanyaan krusial: Apakah sistem yang digunakan saat ini masih memadai untuk mendukung pertumbuhan dan kompleksitas bisnis yang semakin meningkat?

Tentunya pro kontra akan terjadi antara pihak manajemen dengan operasional, begitu banyak pertimbangan harus dipikirkan, karena untuk mulai menggunakan atau berpindah sistem, biaya dan waktu yang dikeluarkan tidaklah sedikit.

Bagi bisnis yang masih kecil, software solusi individual yang ada di market, biasanya sudah cukup untuk melakukan proses pencatatan. Lain halnya bagi bisnis yang sedang naik kelas, pindah ke sistem ERP (Enterprise Resource Planning) yang lebih canggih dan sesuai dengan kebutuhan dapat menjadi langkah yang bijak. Dalam artikel ini kita akan membahas mengapa bisnis yang berkembang sebaiknya tidak takut untuk beralih ke sistem ERP yang lebih maju.

Mengapa Pindah ke Sistem ERP?

  • Skalabilitas dan Kustomisasi:
    Seiring pertumbuhan bisnis, volume transaksi per menit dan kompleksitas operasional juga meningkat. Sistem ERP yang handal dapat menangani beban kerja yang lebih besar dan memberikan kemampuan kustomisasi yang dibutuhkan agar sesuai dengan keunikan bisnis.
  • Biaya yang Masuk Akal:
    Program ERP modern sering kali hadir dengan model biaya yang lebih terukur dan sesuai dengan skala bisnis. Ini memastikan bahwa biaya implementasi dan pemeliharaan sistem dapat dikendalikan dengan baik, sesuai dengan tingkat pertumbuhan.
  • Dukungan dan Maintenance:
    Ketika bisnis tumbuh, dukungan teknis dan pemeliharaan sistem menjadi semakin penting. ERP sistem yang baik tidak hanya menawarkan fungsionalitas yang canggih, tetapi juga dukungan berkala dan pembaruan untuk menjaga kehandalan sistem.

Lakukan penilaian ini terhadap beberapa provider sistem erp yang anda temui di pasaran, lakukan filterisasi terhadap beberapa kompenen utama yang telah disebutkan diatas. Tujuannya adalah anda mencari shortlist yang memiliki cara kerja dan visi misi kedepan yang sejalan dengan bisnsi anda.

Setelah kita menentukan sistem ERP yang mau digunakan, kita akan mulai melakukan migrasi data. Migrasi dari sistem lama ke ERP yang baru seringkali dianggap sebagai tantangan yang menakutkan. Namun, dengan perencanaan yang matang, proses ini dapat dilakukan tanpa menghentikan operasional bisnis.

Beberapa langkah penting yang dapat diambil terkait migrasi data di sistem ERP:

  • Penilaian Kebutuhan:
    Lakukan penilaian menyeluruh terhadap kebutuhan bisnis Anda dan pastikan ERP yang dipilih dapat memenuhi persyaratan migrasi data tersebut. Minimal data anda yang di migrasikan, harus dapat dimasukan langsung dari back-end atau menggunakan API.
  • Pemetaan dan Konversi Data:
    Identifikasi dan peta data dari sistem lama ke sistem baru. Konversi data dapat dilakukan secara bertahap tanpa mengganggu proses jual/beli.
  • Uji Coba dan Pelatihan:
    Sebelum penuh diimplementasikan, lakukan uji coba untuk memastikan sistem baru berjalan dengan baik. Berikan pelatihan kepada tim agar dapat mengoperasikan ERP dengan efisien.
  • Migrasi Bertahap:
    Lakukan migrasi data secara bertahap untuk mengurangi dampak pada operasional bisnis. Ini memungkinkan transisi yang lebih lancar.

Pindah ke sistem ERP yang lebih canggih membuka pintu bagi manfaat jangka panjang. Dengan efisiensi operasional yang ditingkatkan, analisis data yang lebih mendalam, dan kemampuan adaptasi yang baik, perusahaan dapat terus tumbuh dan beradaptasi dengan perubahan pasar.

Jangan gunakan sistem ERP yang melimitasi perkembangan bisnis anda, minimal sistem ERP tersebut harus bisa dihubungkan dengan sistem lain. Contoh jika nanti di masa depan anda butuh sistem loyalitas pelanggan, pastikan sistem seperti ini dapat dikembangkan dalam ekosistem tanpa mengganggu operasional bisnis lainnya.

Jangan biarkan ketakutan atau keterpencilan teknologi menghambat kemajuan bisnis Anda. Sebaliknya, lihatlah pindah ke sistem ERP sebagai investasi strategis untuk masa depan. Dengan dukungan dari website developer yang kompeten dalam web development, proses migrasi dapat menjadi langkah yang sukses menuju pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan. Ingatlah, berpindah ke ERP yang sesuai dengan kebutuhan adalah langkah maju yang diperlukan untuk memastikan bisnis Anda tetap kompetitif dan adaptif di pasar yang terus berubah.

Hubungi Cranium Indonesia untuk mulai konsultasi terkait program ERP Impian anda. Kunjungi cranium.id untuk dapat melihat layanan kami dan berhubungan langsung dengan para bisnis konsultan andalan kami.


Posted

in

by

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *