Cranium’s Thoughts of Mind

Tips bagi orang Non-teknis dalam memilih Web Design Company

Saat ini begitu banyak kami menemukan pebisnis yang mencoba mengembangkan usahanya dengan memanfaatkan dunia digital. Mulai dari yang bertujuan untuk menarik calon pelanggan hingga pada pengusaha yang ingin memiliki visibilitas terhadap proses di internal perusahaan. Solusi yang tersedia untuk kedua hal diatas dapat berupa produk yang sudah ada di pasar atau dengan membuat aplikasi mobile atau web secara custom.

Sungguh beruntung jika produk di pasar sudah bisa menjawab masalah anda, tidak perlu repot untuk melakukan Analisa dan membangun engagement dengan software house. Namun bagaimana ceritanya jika belum ada produk yang bisa membantu kita? Sedangkan anda memiliki pengetahuan yang terbatas untuk mulai mengembangkan solusi digital yang cocok.

Sebuah situs web yang dirancang dengan baik tidak hanya menarik pengunjung (internal dan eksternal) tetapi juga mengubah mereka menjadi pengguna setia. Untuk mencapai hal ini, memilih website developer yang tepat sangatlah penting. Meskipun pertimbangan biaya adalah hal yang penting, jangan tergoda oleh penawaran harga murah yang bisa memberikan hasil yang kurang memuaskan.

Berhati-hatilah terhadap Rayuan Harga Murah
Di pasar jasa pembuatan web yang kompetitif, tidak jarang kita menemui software developer yang menawarkan harga yang tampak tak terkalahkan. Namun, sangat penting bagi pemilik bisnis untuk menahan godaan memilih opsi termurah tanpa mempertimbangkan kualitas layanan. Sebuah situs web yang dirancang dengan buruk dapat merugikan brand image, user experience, dan pada akhirnya, profit Anda. Sebaliknya, fokuslah untuk menemukan agen desain web yang menawarkan keseimbangan antara terjangkau dan berkualitas.

Dasar dari Proses Pembangunan Situs Web yang Sukses
Ketika memulai perjalanan membuat situs web untuk bisnis Anda, sebuah website developer yang terpercaya harus menyediakan tiga elemen dasar untuk memastikan kesuksesan usaha online Anda.

  1. Business Process Mapping
    Sebelum memulai fase desain, software developer yang kompeten akan terlibat dalam pemahaman menyeluruh terhadap proses bisnis Anda. Ini melibatkan pemetaan bagaimana bisnis Anda beroperasi, mengidentifikasi alur kerja kunci, dan pemahaman tentang area di mana situs web dapat mengoptimalkan operasi. Langkah ini memastikan bahwa situs web berintegrasi dengan lancar dengan tujuan bisnis Anda dan meningkatkan efisiensi secara keseluruhan.
    Setelah anda menceritakan keseluruhan proses bisnis, mintalah dokumen yang berisikan business process mapping ini secara detail secara tertulis. Tujuannya adalah agar kedua belah pihak memiliki pemahaman yang sama, tidak ada hal ambigu yang dapat mengacaukan keseluruhan proses.
  2. User Journey
    User journey merupakan sebuah urutan berbasis skenario dari langkah-langkah yang diambil oleh seorang pengguna untuk mencapai tujuan tingkat tinggi dengan sebuah perusahaan atau produk, biasanya melibatkan berbagai channel dan terjadi selama periode waktu tertentu.
    Pendekatan user-centric sangat penting dalam membuat situs web, kita harus mengambil kaca mata pelanggan agar memahami customer pain points. Jasa pembuatan web app yang terampil akan menginvestasikan waktu untuk memahami perilaku, preferensi, dan harapan pengguna Anda.
    Dengan merancang user journey yang baik, pengembang dapat membuat situs web yang tidak hanya menarik pengunjung tetapi juga membimbing mereka melalui pengalaman yang mulus dan menyenangkan, yang pada akhirnya menghasilkan tingkat konversi yang lebih tinggi.
    Pastikan user journey yang disajikan untuk anda, sudah lengkap untuk seluruh skenario yang akan terjadi, diseluruh tipe pengguna. Dokumen ini akan menjadi acuan software developer untuk merancang sistem anda dari satu proses ke proses lainnya.
  3. Mock-up Design
    Sebelum proses development dimulai, web design company berkualitas akan menyajikan Anda dengan desain mock-up. Representasi visual ini memungkinkan Anda untuk melihat demo tata letak, struktur, dan estetika situs web. Proses ini memungkinkan Anda untuk memberikan revisi atau feedback dan memastikan bahwa desain akhir sesuai dengan brand identity dan tujuan bisnis Anda.
    Berikan arahan tentang corporate colour atau look & feel yang ingin anda capai, biarkan designer UI/UX bekerja dengan kreativitasnya, namun tetap berada di dalam koridor bisnis. Salah satu tools yang dapat digunakan adalah Figma, anda akan bisa bernavigasi di tiap halaman, sebelum sistem anda dibangun.

Prioritaskan Kualitas untuk Kesuksesan Jangka Panjang
Dalam dunia desain web, penting untuk diingat bahwa investasi dalam kualitas akan membayar dalam jangka panjang. Meskipun biaya tentu menjadi faktor dalam pengambilan keputusan, berkompromi pada kualitas dapat memiliki dampak jangka panjang bagi bisnis Anda. Tidak hanya rugi materi, namun anda akan rugi time & opportunity yang biasanya tidak akan datang dua kali. Hubungi Cranium Indonesia melalui situs kami di cranium.id, segera konsultasikan masalah anda dan dapatkan Solusi secara lebih cepat melalui tim-tim kami yang sangat berpengalaman dalam berbagai bidang industri.

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *